Keunggulan Budidaya Ikan Guppy, Wajib Tahu!

Keunggulan Budidaya Ikan Guppy, Wajib Tahu!

Bingung ingin menambah penghasilan karena tidak tahu mau bikin usaha apa? Kami menyarankan untuk membuat usaha budidaya ikan guppy. Pasalnya, ada banyak keunggulan budidaya ikan Guppy dibandingkan dengan budidaya ikan yang lain..

Bagi kamu yang memang menjadi pecinta ikan hias, baiknya kembangkan hobi dan minatmu itu ke ranah yang lebih menguntungkan. Caranya adalah dengan mengembangkannya menjadi suatu bidang usaha.

Lambat laun, hobi yang awalnya menghabiskan uang saja bisa jadi ladang penghasilan.

Ikan Guppy, jadi salah satu jenis dari banyak ikan hias yang memiliki tampilan cantik lagi menarik. Ikan ini sebenarnya merupakan jenis ikan liar. Habitat aslinya saja berasal dari sungai atau juga danau yang memiliki kondisi air tenang.

Banyak orang memelihara ikan Guppy di aquarium rumah. Lantaran tampilannya yang cantik, ikan Guppy mempunyai harga yang cukup tinggi di pasaran. Tentu akan jadi sangat menguntungkan kalau kamu menjadi salah satu pembudidayanya.

Keunggulan Budidaya Ikan Guppy

Seperti yang sudah kami katakan, budidaya ikan Guppy memiliki banyak keunggulan. Beberapa alasan inilah yang nantinya bisa menjadi dasar mengapa kamu harus segera mulai budidaya ikan Guppy. Berikut ini penjelasannya:

  1. Tidak Butuh Modal Besar

Keunggulan budidaya ikan Guppy yang pertama adalah kamu tidak butuh modal besar ketika baru akan memulainya. Ini jelas berbeda dengan jenis bisnis lain yang terkadang butuh modal puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Kamu hanya perlu menyediakan modal dengan jumlah ratusan ribu saja saat ingin memulai budidaya ikan Guppy. Uang tersebut hanya dibutuhkan untuk membeli indukan yang sudah siap untuk dikawinkan.

Kalau kamu memang masih ragu untuk membeli indukan ikan Guppy dengan harga yang mahal, kamu bisa coba membeli indukan murah. Setelah itu, barulah kamu bisa memulai budidaya ikan Guppy saat sudah merasa bisa membudidayakannya.

  1. Bisa Dilakukan di Lahan Sempit

Ini juga menjadi salah satu keunggulan yang ditawarkan budidaya ikan Guppy. Tidak seperti budidaya ikan lainnya yang butuh lahan luas. Budidaya ikan hias nan cantik satu ini bisa kamu lakukan dalam lahan sempit sekalipun.

Kamu bisa menggunakan ruangan kosong ataupun di halaman rumah saja. Kalau kamu memang punya lahan yang cukup luas, tentu lebih diuntungkan karena bisa membudidayakan banyak ikan Guppy serta jenisnya.

Hal yang hanya perlu kamu perhatikan dari budidaya satu ini adalah kondisi dari air yang dipakai serta intensitas cahaya yang masuk. Pasalnya terdapat jenis ikan Guppy yang sangat membutuhkan cahaya matahari untuk perkembangannya.

Namun, ada juga ikan Guppy yang memang cenderung lebih berkembang dan lebih bagus jika diletakkan di tempat-tempat yang minim cahaya. Ketahui karakteristik tersebut sembari mempelajarinya. Kamu akan paham sendiri nantinya.

  1. Bisa Menggunakan Wadah Seadanya

Ikan Guppy bisa dikatakan sebagai salah satu jenis ikan yang mempunyai daya tahan tubuh kuat. Pasalnya, mau ditempatkan di wadah seadanya sekalipun, ikan Guppy masih bisa berkembang dengan baik.

Kamu bahkan tidak membutuhkan aksesoris tambahan lain seperti aerator, filter, atau apapun itu. Jadi, kamu tidak membutuhkan kolam yang luas ataupun aquarium besar agar bisa membudidayakan ikan Guppy.

Sediakan saja ember bekas. Ikan Guppy masih memiliki pertumbuhan yang optimal meskipun diletakkan pada wadah tersebut.

  1. Gampang Berkembang Biak

Ikan Guppy ini juga termasuk jenis ikan yang sangat mudah untuk dikawinkan. Satu kali indukan betina dikawinkan, ia bisa hamil sampai tiga kali. Sedangkan untuk satu kali kehamilan, indukan betina bisa menghasilkan lebih dari 50 ekor anakan ikan Guppy.

Proses untuk pengawinan ikan Guppy pun tergolong mudah. Kamu hanya perlu menggabungkan indukan betina dan jantan yang memang sudah siap untuk dikawinkan. Setelah itu tinggal menunggu sampai satu setengah atau dua bulan.

Kemudian, setelah menunggu dalam jangka waktu tersebut, indukan betina akan langsung melahirkan banyak anak sekaligus dari dalam perutnya.

  1. Pakan Gampang Didapatkan dan Harganya Murah

Biasanya budidaya ikan terkendala dengan mahalnya harga pakan. Selain itu susahnya mendapatkan pakan juga terkadang menjadi masalah. Berbeda jika kamu membuka usaha budidaya ikan Guppy.

Pakan untuk pertumbuhannya bisa didapatkan dengan mudah. Kalaupun ingin membeli langsung, harganya juga lebih murah. Ada dua jenis pilihan pakan yang dapat kamu pertimbangkan.

Pertama adalah pakan hidup seperti cacing kecil, nyamuk, kutu air, dan infusoria. Kedua adalah jenis pakan buatan berupa pelet yang sudah dihaluskan terlebih dahulu sebelum diberikan.

  1. Perawatannya Mudah

Tidak hanya kelima keunggulan di atas saja. Ikan Guppy pun sangat mudah untuk urusan perawatan. Kamu hanya perlu menjaga agar ikan Guppy tidak gampang stres dan memperhatikan pakan serta kondisi air saja.

Penutup

Itulah beberapa kelebihan yang ditawarkan dari budidaya ikan Guppy. Kamu yang ingin memulainya, baiknya belajar dulu dari segi pemasaran ikan Guppy. Jika sudah punya tempat ‘buangan’, baru kamu bisa mulai untuk membudidayakannya.


Leave a Reply

Your email address will not be published.